Langsung ke konten utama

START (resiko go publik di medsos)

(cek ig panggih: panggihpermono)

Dengan postingan ini semoga pagi-pagi saya tidak lagi jobless!!! START!

Fakta bahwa saya mempublikasikan tulisan ini berarti saya sadar dan mengharapkan seseorang membacanya. 

Tapi isi tulisan di blog saya malu-maluin, norak dan kampungan bagi diri saya sendiri apalagi buat orang lain. Saya tidak ingin banyak orang yang membaca tulisan saya di sini. Malu-maluin.

Saya selalu ingin untuk tidak menulis. Mengumbar hal yang bersifat pribadi dan membuka diri sama aja cari mati. Menulis di blog, nge-tweet, foto instagram bikin video di youtube, vine, snapchat dan segala aktivitas media sosial lain tentang diri kita tentu mengandung resiko bahaya. Berikut adalah resiko yang bisa terjadi ketika memutuskan go public lewat media sosial:

- Resiko Go public di medsos #1: Cyber Bullying
Apalagi untuk orang yang perasa dan hatinya rapuh kayak saya. Ouh... Bisa-bisa jadi tertekan dan mengambil tindakan ekstrim: maen sepeda BMX (gak paham...). 

-Resiko Go Publik di Medsos #2: Real Bullying
Diejek temen-temen sekelas karena masang status galau melulu, dibilang gak ada kerjaan atau disebut norak. Dari awalnya di-bully verbal meningkat jadi ke fisik. terus korbannya jadi tertekan dan akhirnya mengambil tindakan ekstrim: maen skate board (udah paham sekarang?).

-Resiko Go Publik di Medsos #3: 
Penilaian Orang Terhadap Kita Berkurang
Karena orang yang baru mengenal kita baca medsos kita mereka jadi tau semua kekurangan dan aib kita. Melamar pekerjaan ditolak, kenalan sama orang lain dicurigai, dijauhi teman-teman.

-Resiko Go Publik di Medsos #4: Salah Paham
Niatnya mau ngasih kode ke gebetan, tapi orang lain yang bukan target merasa dan akhirnya tercipta suasana yang tidak diinginkan (orangnya baper dan kita dituduh PHP). Okey maap itu cuma saya yang ke-GR-an karena khayalan saya sendiri. Tolong lupakan... Walaupun contohnya gak tepat tapi salah paham bisa terjadi.

-Resiko Go Publik di Medsos #5: Menyita Waktu Ngurusin Orang Lain
Jadi beban pikiran tersendiri harus menanggapi komenatar, pesan dan lain sebangsanya. bisa-bisa jadi tertekan dan akhirnya mengambil tindakan ekstrim... rasa vanilla (itu es krim!!!).



Walaupun dengan banyak resikonya, ada banyak keuntungan yang bisa didapat dengan menggunakan sosmed seperti menjaga komunikasi dan hubungan, memberikan dampak pada lingkungan dan masih banyak lagi. Ada juga argumen yang bilang bahwa banyak yang menggunakan medsos tapi masih sehat wal afiat. Budaya ber-medsos sudah menjadi hal yang sangat wajar hingga tak masalah dilakukan. Bahkan saya mendukung orang-orang memanfaatkan medsos. Tapi saya bukan orang yang tepat. 


Saya tetap menulis karena ada satu orang yang saya ingin untuk baca tulisan di blog ini. Saya gak bisa kasih langsung ke orangnya.  Bagaikan pesan dalam botol yang saya lempar ke luasnya samudra, saya menulis di blog ini berharap dia akan membacanya. Anda membacanya... 

By the way.
Gak tau kenapa hari ini anak-anak hoki pada ngucapin selamat ulang tahun. padahal ultah saya bukan hari ini. tapi saya senang dan menghargai usahanya. ada satu pesan yang jleb di hati:

  
Ya! tujuan akhir adalah surga. Seperti pesan ini yang menggerakkan hati, saya berharap bisa menggerakkan hati Anda. Entah bagaimana. Jadi selamat ulang tahun. I wish heaven for you.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lakukan hal gila!

03-10-14 Hari ini hari jumat! Latihan hoki harus lebih intens karena kejuaraan sebentar lagi. Tapi untunglah kejuaraan diundur, gak jadi tanggal 6 besok tapi jadi bulan November.             Tapi hari ini tetep latihan intensif. Latihan dibagi dua kelompok, yang cewek siang sepulang sekolah, yang cowok sore. Mengapa demikian? Karena kalo siang cowok pada jumatan. Dan jam satu ada latihan futsal di GOR.             Para member cewek latihan mulai pulang sekolah jam setengah dua belas sampai jam satu. Bentar banget. Gak berasa... huhuhu.  Yang dateng latihan lumayan banyak sekitar sepuluh orang. gak ada pelatih yang datang tapi kita tetap disiplin dan berlatih sepenuh hati.             Oh iya, belakangan ini banyak yang protes kenapa yang diceritain cuma tim cewek. Kenapa tim cowok gak diceritain. Ada alasan yang bagus ke...

sidang proposal

Bangun pagi. Bikin PPT walo belum selese. Pake Baju putih pinjeman (yang kemaren beli g dipake. sedih deh). Ke RS mau tanya prosedur penelitian. Bingung cari ruangannya. Ketemu. Koordinator penelitiannya gak ada ditempat, suruh taruh surat biar besok dibikinkan surat balasannya. Ke Delia tanya roti. Aku kirim pesan eh ternyata doi baru bangun. Delia muncul di balkon atas. kita kayak romeo juliet gitu. Katanya aku duluan aja biar rotinya dibeliin Delia. Aku juga musti banyak yang disiapin (PPT belum). Ke kampus beli jajanan pasar di Kopma sepuluh buah buat sesajen traktiran anak-anak.  Presentasiku parah abis. dari skala 1-10 nilainya minus 7,5. semua indikator presentasi aku gagal memenuhinya, malah ancur abis. Aku juga gak tau jalannya sidang. Parah. rasanya setelah sidang hampa dan gak tau apa yang terjadi. Habis sidang leha-leha nge-blank. Jam 1 bareng adek kelasku yang kemaren nonton. kita ke Mallnya gitu. pertama kali aku kesana (derita jomblo ngenes). Aku gak bawa ...

setelah dua taon gak posting

[Enter Post Title Here]     Exactly right now is 16:00 WIB 25/06/13 Selasa Lagi di lab kom 4, ef es te uner Lagi ngerjain tugas bikin jurnal PSDP(ERP) Sambil dengerin lagu iwan fals di ear phone(apa sih namanya?) Gak tau, iseng aja pengen nulis di blog. Trus tugasnya gimana? Gak tau juga... yah belakangan ini lagi males kuliah. Padahal ini lagi minggu-minggu UAS. Gak tau kenapa.. biasanya juga gini.. (harusnya: biasanya gak gini. Kan?) dari dulu saya emang agak gak peduli nilai. Lebih baik nilai jelek tapi paham daripada nilai bagus tapi hampa. Hahahha. Tapi nilai lumayan lah selama ini (lumayan jeblog?). Oh iya, saya cowok jurusan s1 si semester enem. Udah angkatan tua... bukannya makin sadar malah makin... gitu deh. Laporan, di sebelah kanan saya, di dalam labkom beberapa anak teman sekelas ngerjain tugas. Pemandangan kontras ada di sebelah kiri saya, di gazebo, beberapa teman-teman sekelas lainnya pada main dota. Idiih.. saya kok malah m...