Langsung ke konten utama

Ekskul Hoki Ultah?


Enam tahun yang lalu...


Di hari yang sama: Sabtu


Tanggal yang sama: 2


Bulan yang sama: Agustus

Enam tahun yang lalu adalah hari pertama ekskul hoki SMA ini latihan. Latihan perdana yang sederhana dan tidak begitu meriah, tapi memberikan kesan mendalam yang emosional. Mas Tulus dan Mas Fajar yang merupakan pelatih dan manajer pertama gak pernah menyangka ekskul ini masih “ada” enam tahun kemudian. Dua belas anak hoki yang latihan di hari itu gak pernah menduga ekskul ini telah menorehkan berjuta kenangan setelah enam tahun bertahan.

Setelah enam tahun timbul pertanyaan bagaimana ekskul ini terbentuk, apa saja yang dilaluinya, apa saja kisahnya. Tapi enam tahun lalu anak-anak hoki sama sekali tak terbesit pikiran bahwa enam tahun kemudian ada adik kelas yang mengikuti ekskul yang sama. Gak pernah terfikir bahwa mereka akan jadi bagian dari sejarah. Gak ada catatan pasti tanggal-tanggal penting seperti kapan dan bagaimana ekskul hoki berdiri. Tanggal 2 agustus didapat dari Bro Fay yang merupakan salah satu anggota pertama ekskul hoki dan kenangan latihan pertama begitu berkesan hingga diingat dengan akurat.

Ayo kita coba review perjalanan ekskul ini dari tahun ke tahun...

Yang pertama masa perkenalan ekskul hoki. Pada tahun 2007 rombongan anggota UKM hoki dari UNESA datang ke sekolah ini dan melakukan demo ekskul. Demo maksudnya menunjukkan skill dan cara bermain hoki di depan anak-anak SMA ini. Hasilnya ya... gak mungkin kan anak-anak SMA yang nonton langsung mendatangi salah satu pendemo dan bilang: SAYA TERTARIK! SAYA MAU IKUT EKSKUL INI. ini dunia nyata, adegan dan dialog kayak gitu cuma ada di Film. Jadi tahun 2007 gak ada ekskul hoki. orang yang berperan penting dalam terbentuknya ekskul ini Mas Fajar yang lulus setahun sebelumnya dari SMA ini. Mas Fajar yang memang anak badminton datang ke latihan ekskul badminton di semester kedua. kemudian beliau melatih dan dekat dengan anak-anak badminton. Saat latihan badminton Mas Fajar membawa peralatan hoki dan membiarkan anak2 bermain-main. Saat latihan badminton selesai beberapa anak yang mau diajari main hoki. Mas Nanda, Bro Fay, Mas Ginanjar, Mas Jaka, Mas Pandu adalah anak badminton yang setuju mencari anggota hoki.


Tahun ajaran baru 2008-2009, anak-anak yang disebut diatas naik kelas dua. Ada kebijakan bahwa suatu ekskul “diadakan” jika yang milih banyak. (angket ekskul diberikan pada anak2, mungkin mas fajar bicara pada sekolah hingga ada pilihan ekskul hoki di sana). Yip, yang milih ekskul hoki cukup. Tanggal 2 Agustus 2008 adalah latihan perdana. Pernah sparing lawan smk 6. Tgl 5 Desember ikut kejuaraan koni kota di Unesa dapet piala tim fair play. Senegnya minta ampun, sampe piala yang kecil itu diarak keliling sekolah. norak! Tapi seru. Kejuaraannya hoki field dan kita gak bisa apa-apa. Mei 2009 ikut kejurcab di Unesa. hoki indoor. Ngeluarin 2 tim putra 1 tim putri. 1 tim putra lolos dan dapet juara 3. Perijinan n administrasi kejuaraan ribet loh. Anggota kelas 2: Nanda (ketua), Agus Kopral, Reza, Rico, Ginanjar (sie hoki), Dicki, Salman Faris, Fay, YR, Chad, Will, Rose, Hammam, Danang, Erdi, Tosan, Rohman, Faza, Gumi, Immam, Rino, Rizal, Krisna, Jaka, Rizki ketut, Esti, Silfi, Konita, julita, Ami, Aci, Dita. Kelas 1: Oni, Wita, Iril (sie hoki 2009), Faizal Afandi(ketua tahun kedua), Farah, jarang dateng sih: Haikal, Resi, Demas, Daniel, Argo. Banyak ya? Hasil penculikan dan penculikan multi level(yang diculik nyulik). Walo yang dateng rata-rata 10 orang per latihan. Februari 2009 kita punya papan pantul. Tapi ada isu GOR mau dirobohin akhirnya papan pantul dibawa keluar. Bersekutu dengan dharu osis koordinator sie olah raga memperjuangkan kejuaraan olahraga antar sekolah, gagal.menyusun tim n proposal kejuaraan. Rajin banget ngedeketin anak n diajak hoki (penculikan). Masuk Majalah sekolah loh soal kejurcab. 2 halaman! Senangnya! Banyak yang terjadi di periode satu tahun ini, selanjutnya tahun ini disebut “generasi pertama”.


  
Tahun ajaran 2009-2010. Mas tulus cuma ngelatih satu tahun, selanjutnya Mas Fajar pelatihnya. Semester kemaren ada isu GOR dirobohin, eh sampe anak-anak naek kelas tiga gak ada apa-apa. Dan ketika semangat mo ngajak bibit-bibit baru latihan... GOR dirobohin beneran... huhuhu... mo ngajak latihan sungkan dan kasihan... anak-anak generasi pertama memang gak terlalu menganggap penting mencari dan menjaga anggota adik kelas, dan efeknya benar-benar terasa sekarang. Anak kelas 2 sedikit jadinya kesulitan cari anggota. Apalagi anak kelas 2 gak bisa cara nyulik adik kelas. Parahnya anak kelas 3 gak peduli sama sekali alasannya fokus ujian (paling cuma di awal demo ekskul). Parah banget gak sih kondisi taun ini. tapi dengan masalah yang bikin sekarat itu kita bertahan. Awalnya charli(sapa si namanya), gerdi, abi selam temen2 smp bayu cukup memeriahkan latihan. Tapi yang paling keliatan niat dan berdedikasi dan latihan sepanjang tahun: Yogi nyek, bayu eko, hendra (2 tahun kemudian mereka dikenal sebagai 4 pendekar khayangan). Latihan di lapangan upacara ato lapangan parkir. Sering kali fisik karena g ada lapangan yang layak. Hebat banget perjuangan latihan di tahun ini, makanya kita sebut tahun “Kehancuran”. Filosofinya adalah walaupun kita menghadapi kehancuran seperti apapun, masalah seberat apapun. kehancuran bukan berarti berhenti, BUKAN! tapi tetap berjuang, latihan dan mengobarkan semangat dan tekad! Itulah arti kehancuran bagi ekskul hoki. oh iya, ikut Koni cup di lapangan darmawangsa pemainnya dominan anak kelas 3 tapi gak lolos penyisihan. Lawan smanivda 1-1 lawan Margie menang 4-0 lawan hogres 1-1 kalah selisih ngegolin. Kejurcab juga gak lolos babak penyisihan (yang main bukan anak kelas 3 coz u-17).


 
dari kiri: hendra, bawah: adiknya pedri, bayu, nyek, atas, bro fay, pedri, faizal afandi aka jufa, depan faqih.
di saat-saat terpuruk yang bisa kita lakukan hanya nyapu halaman masjid al akbar!

Tahun 2010-2011. GOR udah jadi. Ketua ketiga Eko, sie hoki bayu (padahal anaknya woles gitu, disuruh organisasi kelimpungan)Benar, yang tetep latihan cuma 4 pendekar. Faizal afandi(kelas 3) dan Bro Fay(alumnus kumus-kumus) kadang-kadang. selalu ada 0,1% anak yang penasaran sama hoki. Nanda kelas 1 ikut tanpa diculik. Tama juga. Akhirnya teman2 Nanda: Hanif, naufal, ilham, bagus dkk ikut. Mas Pras yg kelas 3 gabung dengan tim ini dan ikut di dua kejuaraan. Koni 2010 pertandingan di GOR (walo g ada yang dukung). Bro Fay jadi kapten (soalnya antar klub dan u-19). Harus lawan Mas Nanda kapten sebelumnya dan pemain terbaik ekskul ini. sekarang gabung dengan UNESA. Lolos babak penyisihan dan kalah terus berikutnya. Dapat piala juara harapan satu. Ya, harapan. Setelah itu latihan mulai jarang. Hingga gak pernah latihan sama sekali, tapi tiba-tiba harus ikut kejurcab. Latihan mendadak. Dapet juara 3. Karena dapet piala juara “harapan” tahun ini kita sebut tahun “HOPE”. Karena walau kita kalah jangan menyerah. Dan terbukti di koni cup tahun depan kita yang juara harapan satu mendapatkan harapan kita dan menjadi juara satu.

 

Tahun 2011-2012. Bro Fay diminta jadi manajer. Ketua kelima: Nanda. Beberapa bulan kemudian naik pangkat jadi pelatih. Ini tahun yang berat, ekskul hoki dihapus sama sekolah!!!!!!! Ini tahun yang rame, banyak anak angkatannya Nanda yang sekarang kelas 2: Nanda, Tama, Fakri, david, oki, danu, indra, amir, ikhlasul, yoga, haris, kemudian dani... Dkk. Kelas 1: Uni, Wiendy, Ima, eka, dimas, lana, icul, royan dkk. Gumelar, . Latihannya longgar dan menyenangkan tapi membuat bro fay stress. Lalu menghadapi koni cup. U-17 didominasi anak kelas 2 dan didampingi dengan religius oleh Bro Fay dapet juara 3. Cewe yang kekurangan anggota gak lolos. U-19 secara dramatis, penuh keajaiban dan luar biasa menakjubkan menjadi juara pertama. Beat the unbeatable. Mas Fajar mendampingi mereka dengan gaya sir alex ferguson. Yogi Nyek, Bayu(captain), Hendra dan Eko telah MENITIS menjadi 4 PENDEKAR KHAYANGAN. Karenanya tahun ini disebut tahun “tim khayangan”. Selametan di nasgor jancuk. Kejurcab tim mix juara 3. Lana dapet pemain terbaik karena bisa jadi defender hebat. Sejak saat itu lana Menitis menjadi pemain hoki sejati. Misteri bandeng berdarah.

Tahun 2012-2013. Sejak Koni taun kemaren Bro Fay mundur jadi pelatih. Ketua: mulai gak jelas organisasinya... kabarnya ketuanya mas icul. Anak kelas satu banyak yang gabung. Senangnya. Haliza, Zalza, Ade, Rizki, Deka, Irul n degeng, maksum, aji, hilmi, bagus, naufal, kemudian imut, windu, niken. Koni juara 1 u-17, u-19 g lolos, shc girls gak lolos. Ke gresik!!! Ke danau? Kemana-mana! Ini tahun yang hangat dan hubungan antar anggota begitu dekat. Selain itu banyak intrik menyangkut hati serta banyak yang jadian cbsa. Karenanya tahun ini disebut tahun ”cinlok”.

2013-2014 di tahun ini ada Mas Jojo. Beliau jadi pelatih juga. ketua: Irul. Bhuanyak bhuanget anak baru di awal2 latihan. Hebat banget perekrutannya. Nanti aja disebutinnya ya nama anggotanya soalnya buanyak, ato absen sendiri. Biar saya tegaskan: siapapun yang pernah latihan, walo itu cuma sekali, dia adalah anak hoki! membership seumur hidup! Yip, ceweknya juga banyak, karena itu tahun ini disebut “SHC 48”. BTW, anggota yang banyak itu, di akhir tidak terlihat. Anggota aktif, jangan pura-pura gak lihat ya! Ini masalah!selesaikan tahun ini... so... selain banyak perjuangan dan pencapaian, sebenarnya banyak juga masalah-masalah baru yang muncul setelah 6 tahun. Tapi itu alasan untuk berjuang lebih keras lagi! Jaminan petualangan yang lebih seru lagi!

Yang kita pelajari selama 6 tahun:

Tahun 1: “SHC first generation” kita belajar bahwa menjaga generasi penerus itu penting.

Tahun 2: “SHC kehancuran” kita belajar kehancuran ada di sekitar, hati kita tetap kokoh, dan kita tidak menyerah dari keadaan.

Tahun 3: “SHC HOPE” kita belajar untuk pantang menyerah dan optimis. Lah belajar menyerahnya kan udah tahun kemaren? keadaan buruk mungkin lebih sering terjadi, tapi terus berusaha tidak memiliki batasan waktu.

Tahun 4: “SHC khayangan” Ya, perjuangan itu hasilnya manis, serasa terbang ke khayangan. Sejarah sudah membuktikan, jadi teruslah berjuang!

Tahun 5: “SHC cinlok” selain kemenangan, rasa aman dan nyaman diantara teman 1 tim memang lebih penting. cinlok yang menjadikan ikatan kita kuat... kalo mau cinlok jadi pacar juga boleh. Dianjurkan malah.

Tahun 6: “SHC 48” kita belajar bahwa anggota yang jumlahnya banyak akan lebih sulit ditangani dan lebih mudah hilang karena sulit diawasi. Yang bisa kita lakukan: menerima keadaan bahwa sedikit itu rapopo yang penting kualitas atau... Pelajaran sampai 6 tahun ini sampai di sini sih, silahkan belajar lagi tahun ini.

Dan ingat, cara belajar SHC adalah dengan melakukan! Seperti yang dikatakan Mas Tulus 6 tahun lalu, di ekskul hoki adalah laboratorium dan miniatur kehidupan! Tempat melakukan percobaan tanpa takut pada kesalahan.

2014-2015 tahun ini... jadilah “SHC LEGEND!” Lakukan yang tidak mungkin menjadi mungkin!


*btw, banyak nama anggota yang lupa, ingetin aja jangan sungkan.
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan di Lapangan KONI

 lapangan koni surabaya di sore hari  dua anggota hoki yang cewe juga dateng mengejar impian Melihat kegigihan anak muda dalam mengejar impiannya kadang memberi kita inspirasi . Gue  ngasi tao anak2 hoki ini untuk dateng latihan fisik. Gue sih skeptis bin pesimis mreka bakal dateng. Paling-paling Cuma segelintir. Tapi gue terkejut melihat jumlah yang datang hari ini(20-an). padahal sebelumnya gue udah dengar banyak protes dan keberatan. salut deh buat kalian. Sebenernya kejuaraan tinggal beberapa minggu lagi tapi kita baru latihan fisik kayak gini. Tujuan gue bukan melatih fisiknya, tapi jiwanya! Kalo mreka mau dateng ke tempat ini berarti mreka punya kemauan, dan karena hasil latihan hari ini begitu hebat gue yakin.. gue yakin...bakal.... Udah dulu yah udah sore mo pulang

Latihan Terakhir

Bagi kalian yang sekulah ato kuliah, semua hasil belajar akan di uji di ujian akhir yang namanya uas. Begitu juga dengan tim hoki ini, semua hasil latihan mereka selama ini akan diuji di kejuaraan ini, KONI CUP. Sejak gue ikut ekskul hoki ini dari jaman SMA, udah tiga kali tim ini melalui KONI CUP ini udah tiga kali juga gue jadi pemain. Tapi di KONI CUP keempat ini beda, gue jadi pelatih AKA coach!  ini foto gue di koni cup: taon 2008, 2009, n 2010: Besok adalah hari penentuan itu, kejuaraan paling dnanti sepanjang waktu, yang bisa gue lakuin sebagai coach setidaknya memberi latihan terakhir di lapangan yang sama dengan yang akan digunakan esok. Kebetulan kejuaraannya di lapangan gool futsa(100 rb perjam, pelajar diskon 25 persen, tempatnya megah n nyaman.), jadi kita bisa nyewa juga. Latihan ini bertujuan biar mereka beradaptasi dengan suasana kejuaraan dan kondisi lapang. Walo pada prakteknya yang nglatih mas fajar, gue sih Cuma nampang n ngasi dukungan m