Langsung ke konten utama

Lakukan hal gila!


03-10-14

Hari ini hari jumat! Latihan hoki harus lebih intens karena kejuaraan sebentar lagi. Tapi untunglah kejuaraan diundur, gak jadi tanggal 6 besok tapi jadi bulan November.

            Tapi hari ini tetep latihan intensif. Latihan dibagi dua kelompok, yang cewek siang sepulang sekolah, yang cowok sore. Mengapa demikian? Karena kalo siang cowok pada jumatan. Dan jam satu ada latihan futsal di GOR.

            Para member cewek latihan mulai pulang sekolah jam setengah dua belas sampai jam satu. Bentar banget. Gak berasa... huhuhu.  Yang dateng latihan lumayan banyak sekitar sepuluh orang. gak ada pelatih yang datang tapi kita tetap disiplin dan berlatih sepenuh hati.

            Oh iya, belakangan ini banyak yang protes kenapa yang diceritain cuma tim cewek. Kenapa tim cowok gak diceritain. Ada alasan yang bagus kenapa tim cowok jarang diceritain.  Tim cowok itu suka urakan, gak tau aturan dan melakukan hal-hal memalukan yang gak pantas diceritakan. Kalo gak percaya, coba ya kita ikuti kegiatan tim cowok sore ini.

            Sekarang sudah jam tiga dan anak-anak tim cowok mulai latihan. Tapi latihannya gak di GOR soalnya habis futsal, GOR dipake puslatcab voli.  Jadi anak-anak latihannya di lapangan upacara. Latihan fisik, bukan teknik.  Yang coaching Mas Indra. Bro Fay cuma melihat dari kejauhan.

            Yang latihan Steven, Labaik, Awe, Bagas, Rulif, Aji, Satrio, Cholis, Eko, Mursyit,

            Setelah sejam lebih kita latihan, kita mengakhiri latihan dengan peregangan berpasangan. Setiap anak meregangkan lengan dan kaki pasangannya masing-masing. Saat meregangkan bagian kaki, anak-anak terlentang di tanah. Pasangannya mengangkat sebelah kaki lalu menekan telapak kaki. Sensasi setiap melakukan peregangan seperti ini memang sakit-sakit enak gitu.

            Tapi yang bikin heboh adalah Mursyit!! Waktu dia terlentang dan kakinya digituin, mursyit merintih-rintih sambil ngomong  bahasa jepang mencurigakan, “Chotto... Chotto senpai! Dame! Dame!”

Bukan cuma itu, waktu giliran Mursyit meregangkan pasangannya, dengan mesra bilang, “Kimochi desuka? Kimochi...” Anak-anak lain yang ngerti dan familiar dengan dialog itu langsung mendelik ke arah Mursyit!

“Kamu pasti suka nonton video yang enggak-enggak!!!”
“Nggak nonton kok, cuma dengerin suaranya aja...”
“Sama aja!!!”

Kalian mungkin gak paham apa yang sedang terjadi. Gak apa-apa, wajar kok. Soalnya mereka membicarakan hal yang tabu. Tau tabu? Itu loh, sodaranya tempe (itu tahu!).

            Setelah selesai latihan, anak-anak gak langsung pulang tapi duduk melingkar mendengarkan wejangan Mas Indra dan Bro Fay. Mas Indra menyinggung soal teknik dan kedisiplinan waktu latihan. Sedangkan Bro Fay menyampaikan soal hal yang tidak berhubungan dengan latihan. Seperti biasa Bro Fay memberikan motivasi dan pesan moral. Kalo lagi latihan kita siraman keringat tapi kalo ketemu Bro Fay siraman rohani.

Bro Fay berpesan agar anak-anak melakukan banyak hal di ekskul hoki. Jangan berpikir kalo tugas kita cuma latihan rutin untuk diri sendiri dan gak mempedulikan hal lainnya. Seenggaknya ada dua alasan kenapa kita harus peduli dengan teman-teman dan keadaan sekitar kita.

Pertama, hoki itu olah raga tim, sehebat apapun kemampuan kita atau sesuka apapun kita dengan hoki kita gak akan bisa main hoki kalo gak punya teman satu tim.

Kedua, kita juga gak akan bisa main hoki kalo pihak sekolah menghapus ekskul kita. Kita gak akan dapet jatah make lapangan kalo ekskul kita gak dianggap.

Kesimpulannya kita harus menjaga anggota tetap banyak dengan cara mencari anggota baru, mempertahankan anggota yang sudah ada dan mengajak kembali anggota yang jarang datang.

Ditengah penjelasan Bro Fay itu, Mursyit bertanya, “Gimana caranya ngajak temen kita yang udah lama gak ikut Mas? Dia tanya latihan hoki udah sampe mana. Aku jawab udah sampai indian dribble. Terus katanya dia udah jauh ketinggalan. Jadinya dia gak mau ikut lagi. Kalau kayak gitu harus gimana Bro?”

“Hmm... susah juga.” Bro Fay keliatan bingung sejenak tapi raut wajahnya kembali dipenuhi keyakinan, “Yang harus kalian lakukan adalah melakukan semua yang kalian bisa agar kalian berhasil buat dia balik lagi. Aku juga gak tau kalian harus gimana, itu harus kalian cari sendiri.”

“Tapi susah Bro.”

“Justru karena itu kita harus melakukannya. Kalian bakal banyak menghadapi masalah yang sulit dan kelihatan mustahil dilakukan. Tapi justru karena itu kalian harus melakukannya! Semakin besar masalah, semakin besar semangat kita!” Bro Fay menjelaskan dengan menggebu-gebu dan penuh semangat.

Tapi seperti biasa reaksi anak-anak biasa-biasa aja.

Bro Fay melanjutkan pidatonya, “Aku tau kebanyakan dari kalian anak biasa-biasa aja yang gak mau terlibat masalah, tapi untuk membuat ekskul hoki bertahan butuh usaha yang luar biasa. Hoki itu sendiri bukan olah raga biasa. Intinya lakukan hal yang gak biasanya kalian lakukan. Apapun itu. jangan takut salah, jangan ragu, lakukan saja. Kalau ekskul hoki dianggap sebagai ekskul yang  seru, tempat semua orang merasa diterima dan tempat kita bisa bebas berekspresi pasti banyak orang yang akan mendukung kita.”

“Kita bisa bikin Video,” kata Bagas.

“Ide bagus,” Bro Fay menimpali.

“Kita bisa bikin kejuaraan,” kata Aji.

“Bagus itu. Banyak hal yang harus diurus, tapi banyak juga pengalaman yang didapat. ” Lalu Bro Fay memandangi wajah anak-anak satu persatu seakan akan mengakhiri pidatonya. “Singkatnya, kalian harus lakukan hal yang luar biasa, kalian harus lakukan hal yang gak normal, kalian harus LAKUKAN HAL GILA!”

Dengan kata-kata terakhir Bro Fay itu sangat membekas di hati anak-anak. Buktinya selesai latihan Labaik dan Aji lari-lari keliling lapangan upacara gak pake baju!

Kok bisa gitu? Seperti biasa selesai latihan beberapa anak cowok melepas kaosnya karena basah dengan keringat. Labaik dan Aji yang sedang telanjang dada awalnya bercanda dan nyeletuk sekenanya.

“Sambil gak pake baju kayak gini berani gak lari keliling lapangan?” tanya Labaik ke Aji.
“Berani lah!” Kata aji menjawab tantangan itu.
“Kata Bro Fay juga kita harus melakukan hal gila,” kata Labaik.
“Yaudah ayo!” Aji siap-siap lari.
“Ayo!” Mereka berdua pun berlarian dengan telanjang dada dan memutar-mutar kaosnya di udara. Persis orang gila. Anak Paskibra yang habis latihan di sisi lain lapangan cuma bisa geleng-geleng kepala gak paham.

Sedangkan Bro Fay cuma bisa nangis dalam hati, “kalian salah mengartikan kata-kataku...”

Itulah alasan kenapa anak-anak cowok gak diceritakan, karena akan berakibat berlarian telanjang dada tanpa alasan yang jelas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan di Lapangan KONI

 lapangan koni surabaya di sore hari  dua anggota hoki yang cewe juga dateng mengejar impian Melihat kegigihan anak muda dalam mengejar impiannya kadang memberi kita inspirasi . Gue  ngasi tao anak2 hoki ini untuk dateng latihan fisik. Gue sih skeptis bin pesimis mreka bakal dateng. Paling-paling Cuma segelintir. Tapi gue terkejut melihat jumlah yang datang hari ini(20-an). padahal sebelumnya gue udah dengar banyak protes dan keberatan. salut deh buat kalian. Sebenernya kejuaraan tinggal beberapa minggu lagi tapi kita baru latihan fisik kayak gini. Tujuan gue bukan melatih fisiknya, tapi jiwanya! Kalo mreka mau dateng ke tempat ini berarti mreka punya kemauan, dan karena hasil latihan hari ini begitu hebat gue yakin.. gue yakin...bakal.... Udah dulu yah udah sore mo pulang

Latihan Terakhir

Bagi kalian yang sekulah ato kuliah, semua hasil belajar akan di uji di ujian akhir yang namanya uas. Begitu juga dengan tim hoki ini, semua hasil latihan mereka selama ini akan diuji di kejuaraan ini, KONI CUP. Sejak gue ikut ekskul hoki ini dari jaman SMA, udah tiga kali tim ini melalui KONI CUP ini udah tiga kali juga gue jadi pemain. Tapi di KONI CUP keempat ini beda, gue jadi pelatih AKA coach!  ini foto gue di koni cup: taon 2008, 2009, n 2010: Besok adalah hari penentuan itu, kejuaraan paling dnanti sepanjang waktu, yang bisa gue lakuin sebagai coach setidaknya memberi latihan terakhir di lapangan yang sama dengan yang akan digunakan esok. Kebetulan kejuaraannya di lapangan gool futsa(100 rb perjam, pelajar diskon 25 persen, tempatnya megah n nyaman.), jadi kita bisa nyewa juga. Latihan ini bertujuan biar mereka beradaptasi dengan suasana kejuaraan dan kondisi lapang. Walo pada prakteknya yang nglatih mas fajar, gue sih Cuma nampang n ngasi dukungan m