Langsung ke konten utama

Irul sang kukang


Irul kalo senyum lumayan kan? (lumayan pingin nabok... becanda rul.)



Ini adalah SMA Handayani Satu atau biasa disebut SMA Hantu. Sekolah biasa di kota metropolitan, walaupun gak di pusat kotanya.

sekolah ini memiliki area yang cukup luas. lebih dari cukup untuk menampung muridnya yang berjumlah hampir seribu.

Suasana sekolah ini damai dan santai, sesuai dengan kondisi sekolah yang lapang dan penuh pepohonan. Para muridnya pun cenderung baik dan penurut. Tak heran sekolah ini memiliki prestasi akademik yang baik.

Selain kegiatan belajar mengajar, ekskul-ekskul sma ini juga aktif. Ada ekskul pramuka, paskibra, PMR, dance, teater, padus, PA,badminton, voli, hoki, futsal, basket, dan masih banyak lagi. Ada juga ekskul gali sumur, ekskul babat alas, ekskul berburu dan meramu.

Sarana prasarana untuk mendukung kegiatan akademik dan non akademik pun lengkap. Berbagai laboratorium, gedung kesenian dan GOR.

Dan yang paling penting: kantin. Anak-anak menyebutnya pujasera atau pujas.

***

Di depan kelas XI-IPS 2 ada empat anak berdiri. ” dimana sih irul?”

Seorang siswa muncul dari dalam kelas menyusul keeempat temannya.

Ini Irul, anak yang biasa aja. Irul berbadan tinggi dengan tubuh tegak. Memiliki ekspresi yang sering kali datar. Secara keseluruhan, ia anak biasa dan pasaran seperti kebanyakan anak sma. Sosoknya tidak menonjol dan langsung ia tipe orang yang langsung kamu lupakan setelah bertemu.

Irul juga punya kepribadian yang biasa-biasa aja. Ia gak punya sifat tertentu yang membuatnya menarik. Ia juga gak punya ketertarikan khusus sama sesuatu. Kecuali mungkin ama jkt. Tapi siapa sih anak cowok yang gak suka jkt?

Yah, kesimpulannya irul ini anak yang benar-benar biasa. Ia sering menggambarkan dirinya sebagai kukang (inggris: sloth), hewan yang bergerak lambat seakan gak punya tujuan hidup. Ia gak benar-benar seperti hewan malas yang bergelantungan terbalik di dahan hutan hujan tropis. Ia masih melakukan banyak hal: makan, minum bernapas, tidur. Becanda. Irul melakukan hal yang dilakukan orang lain. main PES, belajar(jarang sih), ngobrol n becanda ama teman. Irul juga ikut ekskul, namanya ekskul hoki.

Temennya Irul: ayo rul

Irul: iya...

Irul ada di belakang teman-temannya yang sudah berjalan.

Irul melihat sesuatu.

Seorang gadis yang berjalan dengan teman-temannya melihat ke arah irul: eh?

Gadis itu berpamitan ke teman-temannya: kalian duluan dulu aja ya, nanti aku nyusul.

Gadis itu berlari kecil ke arah irul.

Teman irul: eh? *kaget, ada yang mupeng juga.

Gadis itu berbicara pada irul: mas irul. Gimana soal uang kasnya? Aku kasihkan ke mas irul ya? Soalnya mungkin aku masih jarang latihan. Nanti kalau perlu-perlu susah nyari aku.

Irul: ehm... gak apa-apa bawa dulu aja. Kita kan jarang pake uang kas.

Gadis itu: yaudah mas kalau gitu. Aku duluan ya mas ya.

Teman-teman irul keheranan dan menghampiri irul. Siapa itu rul? Gak nyangka irul. Sejak kapan kamu femous rul. Diem-diem udah dapet adek kelas. Curang! Cakep lagi...

Irul: itu cuma adek kelas yang sama-sama ikut ekskul hoki.

Walau wajah irul datar tapi sebenernya irul seneng sekali banget teman-temannya bilang gitu. irul dalam hati: tapi didatengin cewek memang keren. Apalagi bikin temen-temenku iri... bangganya.

Temen irul: namanya siapa rul. Kenalin dong.

Irul: caca.

Temen irul: kamu tadi ditagih bayar uang kas ya? Pasti belum bayar.

Irul: bukan... dia itu kan bendaharaku, cuma tanya soal uang kas.

Temen irul: bendaharamu? Maksudnya? Oh iya, kalau gak salah kamu ketua ekskul hoki ya.

Irul: iya sih. Tapi aku gak ngapa-ngapain walo jadi ketua juga. Kalo dipikir-pikir aku juga heran kenapa sampe bisa jadi ketua.

Teman irul: memang ekskul hoki masih ada ya? Aku pikir udah bubar...

Irul: ... [itu reaksi yang wajar... ekskul hoki memang bukan ekskul yang terkenal. Banyak yang asing dengan hoki. dan jahatnya, banyak yang meremehkan dan sinis dengan hoki. anggota lain juga banyak yang merasakan hal yang sama.] irul tenggelam dalam perasaan yang menyesakkan dada.

Temen irul: anak hoki banyak ceweknya rul? Cakep-cakep gak?

Irul: dulu awal-awal taun ajaran baru sih banyak. Tapi sekarang hampir gak ada. (cuma putri sama yuvina)

Temen irul: Seriusan banyak ceweknya rul dulu?

Irul: iya, sampe tim hoki cewek disebut SHC 48.

Temen irul: emangnya jkt 48. Tapi SHC itu apa?

Irul: spirit hockey club. Nama timnya

Temen irul: shc 48? Emangnya mereka sister grupnya jkt 48? Idol juga dong membernya, hahaha.

Temen irul: asik kali ya kalo ada idol di sekolah, hahaha.

Irul: [yah, pasti hebat kalau mereka beneran idol yang punya banyak fans. Hoki jadi terkenal dan gak diremehkan lagi. Tapi mereka bukan idol, mereka atlet. Gak kayak idol yang membutuhkan semangat para fans, atlet hanya butuh semangat dari diri mereka sendiri untuk berusaha lebih keras]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan di Lapangan KONI

 lapangan koni surabaya di sore hari  dua anggota hoki yang cewe juga dateng mengejar impian Melihat kegigihan anak muda dalam mengejar impiannya kadang memberi kita inspirasi . Gue  ngasi tao anak2 hoki ini untuk dateng latihan fisik. Gue sih skeptis bin pesimis mreka bakal dateng. Paling-paling Cuma segelintir. Tapi gue terkejut melihat jumlah yang datang hari ini(20-an). padahal sebelumnya gue udah dengar banyak protes dan keberatan. salut deh buat kalian. Sebenernya kejuaraan tinggal beberapa minggu lagi tapi kita baru latihan fisik kayak gini. Tujuan gue bukan melatih fisiknya, tapi jiwanya! Kalo mreka mau dateng ke tempat ini berarti mreka punya kemauan, dan karena hasil latihan hari ini begitu hebat gue yakin.. gue yakin...bakal.... Udah dulu yah udah sore mo pulang

Latihan Terakhir

Bagi kalian yang sekulah ato kuliah, semua hasil belajar akan di uji di ujian akhir yang namanya uas. Begitu juga dengan tim hoki ini, semua hasil latihan mereka selama ini akan diuji di kejuaraan ini, KONI CUP. Sejak gue ikut ekskul hoki ini dari jaman SMA, udah tiga kali tim ini melalui KONI CUP ini udah tiga kali juga gue jadi pemain. Tapi di KONI CUP keempat ini beda, gue jadi pelatih AKA coach!  ini foto gue di koni cup: taon 2008, 2009, n 2010: Besok adalah hari penentuan itu, kejuaraan paling dnanti sepanjang waktu, yang bisa gue lakuin sebagai coach setidaknya memberi latihan terakhir di lapangan yang sama dengan yang akan digunakan esok. Kebetulan kejuaraannya di lapangan gool futsa(100 rb perjam, pelajar diskon 25 persen, tempatnya megah n nyaman.), jadi kita bisa nyewa juga. Latihan ini bertujuan biar mereka beradaptasi dengan suasana kejuaraan dan kondisi lapang. Walo pada prakteknya yang nglatih mas fajar, gue sih Cuma nampang n ngasi dukungan m