Langsung ke konten utama

Mbak Windy Kena Bola




19-04-14

Sabtu siang di dalam GOR. Tampaknya sedang terjadi suatu pertandingan. Suasana tampak sepi karena selain delapan orang yang ada di lapangan hanya ada dua orang lain yang duduk di tribun. Tapi pertandingan yang mereka lakukan bukan futsal atau basket, melainkan hoki.

Ini bukan hoki dengan sepatu roda, tapi hanya sepatu biasa. Mereka memegang tongkat sepanjang 1,25 meter dengan ujung yang melengkung. Diantara anak-anak cowok ini ada beberapa perempuan. Tampaknya mereka bermain tanpa mempedulikan gender.

Salah satu perempuan itu adalah windy. Kelas XI-IPA 3. Seorang gadis berambut pendek dengan badan yang jenjang. Ia sebenarnya tidak terlalu tinggi tapi bobotnya yang ideal membuat sosoknya sesuai. Ia punya wajah dengan ekspresi ceria. Tapi sekarang tampak ekspresinya agak kelelahan. Kulitnya yang putih tampak merah merona tanda darahnya mengalir lebih dari biasanya karena sedang berolah raga.

Berolah raga bisa membuat tubuh menghasilkan endorfin. Zat yang membuatmu gembira. Jadi kalo berolah raga ama pacar ato gebetan, itu pilihan yang sempurna. Incaranmu bisa melihat kamu jadi lebih menarik kalo kalian sedang olah raga. Selain itu bagi para cowok, melihat cewek yang bermandikan kilauan keringat membuat mereka satu juta kali lebih cantik. Jadi kalo ada cowok yang ngajak kamu jogging sabtu ini, ati-ati modus!

Tapi sekarang kita sedang menyaksikan permainan hoki yang sempat terhenti karena bola out. Semua mata tertuju pada seseorang yang hendak memukul bola di sisi kanan lapangan.

Orang yang mengambil bola ini biasa dipanggil bro fay. Alumni SMA ini yang sering datang. Belakangan ini jarang datang karena sibuk skripsi. Ini hari pertama bro fay datang setelah sekian lama absen.

Di ujung lapangan bagas melambaikan tangan dan bergerak menuju gawang.

Bro fay: bagas ada di posisi bagus. Lagian anak-anak udah kelihatan capek karena udah dari tadi main, pasti sulit menghentikan bola. Jadi mungkin gak apa-apa kalau aku push langsung ke arah kerumunan agar sampai ke bagas.

Bro fay melakukan ancang-ancang.

Ia melakukan push dengan keras.

Hadi yang ada di depan bro fay bereaksi dan berusaha menghentikan bola. Tapi kemudian terdengar suara benturan yang keras

CTAK!

Bola membentur keras stick hadi. Bola yang awalnya meluncur datar menjadi terbang karena benturan tadi.

Bola yang terbang itu menuju ke arah windy.

Windy melihat bola itu datang. Ia berpikir bola itu pasti akan melewati sisi kanannya.

Tapi perkiraannya salah! bola itu mengenai bagian atas lengan kanannya.

Windy tampak terkejut melihat ke bola yang mengenai lengannya itu.

Ia jatuh terduduk.

Kemudian ia terbaring di tengah lapangan sambil memegangi bagian yang terkena bola tadi.

Anak-anak yang lain langsung mengerumuninya.

“kamu gapapa win?”

“panggil PMR.”

“Kasih ruang, kasih ruang.”

Tapi windy yang dikhawatirkan itu malah tersenyum lebar sampai matanya terpejam.

Kemudian ia mulai tertawa terkekeh. “Hihiihihihihiihihihih”

“win kamu kenapa win?”

Windy tidak menjawab tapi malah tertawa semakin kencang hingga air matanya mengalir“HIHIhihihihihi”

Win kamu kenapa win?

“Wah mbak windy konslet”

“hihihihahahahhaha” windy ketawa makin keras. Windy punya senyum cerah dan tawa yang renyah, tapi dalam situasi seperti ini jadi menakutkan.

“Windy... windy...” suasana mulai mencair karena sepertinya windy gak terlalu gawat.

Windy dibantu berdiri dan keluar dari dalam GOR.

Ima: beneran gak apa-apa Win?

Windy: gak apa-apa kok.

Kena apanya Win?

Windy menaikkan lengan bajunya. Terlihat bekas merah di lengan atas bagian dalam di bawah ketiak.

Windy: untung kena bagian sini. Kalau geser sedikit bisa kena bagian yang gawat.

Ima: geser sedikit? Bagian mana?

Windy: ini kan lengan pinggir, kalau lengan bagian tengah kan tulang.

Ima: iya, kalau kena tulang bahaya.



Bro Fay datang: Win maap ya, gak sengaja.

“Gak papa gakpapa bro fay.”

“Maap win. Makanya gak usah ikut hoki lagi win. Bahaya”

“Gak mau bro!”

“Kadang aku gak paham kenapa ada anak yang mau ikut ekskul gak jelas kayak gini.”

“kenapa bro fay ikut? malah sampe udah tua gini masih datang ke SMA. Inget umur bro.”

Bagai kena sniper yang tepat sasaran kena ulu hati bro fay tersentak, terhempas terus sempoyongan. “kata-katamu itu masih nyelekit kayak biasanya ya. Hahaha. Aku juga heran kenapa ikut hoki.”

jangan lengah karena wajah sedihnya, Windy bisa tiba-tiba bikin jantungmu jleb dengan kata-katanya yang sadis. Windy kayak paper mint. kata-katanya bisa pedes. tapi menyegarkan kok.

kejuaraan sebelumnya sempet jadi kapten loh!

ini Windy lagi mengeluarkan kata-kata sadisnya buat nyindir seseorang yang dari tadi moto pemain di bench bukan di lapangan.


***

Epilogue.

Kenapa aku ikut hoki ya?

Irul mendengar bro fay menanyakan dirinya sendiri kenapa ikut hoki. irul jadi ikut mempertanyakan dirinya sendiri.

Memang rumit dan sulit dijelaskan. Tidak ada yang spesial dari ekskul hoki. ekskul yang anggotanya jarang-jarang ini. jarang dateng, jarang serius latihan, jarang mandi. Di ekskul hoki ini kalau dipikir-pikir lebih banyak makan ati-nya daripada senengnya. Rasanya malah gak dapet apa-apa.

Tapi gak tau kenapa aku juga sampe sekarang masih ikut hoki. padahal aku bisa aja gak latihan lagi kayak anggota yang lain.tapi kenapa dada sakit waktu ada yang ngerendahin ato ngejelek-jelekin hoki.

Kenapa.

Irul memasang head set.

Kenapa.

Irul memainkan lagu.

Lalu terdengar intro lagu dengan irama cepat bersemangat. Lagu kimi no koto ga suki dakara dari jkt48.



Setelah beberapa menit mendengarkan irul tersenyum: Karena aku suka hoki.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan di Lapangan KONI

 lapangan koni surabaya di sore hari  dua anggota hoki yang cewe juga dateng mengejar impian Melihat kegigihan anak muda dalam mengejar impiannya kadang memberi kita inspirasi . Gue  ngasi tao anak2 hoki ini untuk dateng latihan fisik. Gue sih skeptis bin pesimis mreka bakal dateng. Paling-paling Cuma segelintir. Tapi gue terkejut melihat jumlah yang datang hari ini(20-an). padahal sebelumnya gue udah dengar banyak protes dan keberatan. salut deh buat kalian. Sebenernya kejuaraan tinggal beberapa minggu lagi tapi kita baru latihan fisik kayak gini. Tujuan gue bukan melatih fisiknya, tapi jiwanya! Kalo mreka mau dateng ke tempat ini berarti mreka punya kemauan, dan karena hasil latihan hari ini begitu hebat gue yakin.. gue yakin...bakal.... Udah dulu yah udah sore mo pulang

Latihan Terakhir

Bagi kalian yang sekulah ato kuliah, semua hasil belajar akan di uji di ujian akhir yang namanya uas. Begitu juga dengan tim hoki ini, semua hasil latihan mereka selama ini akan diuji di kejuaraan ini, KONI CUP. Sejak gue ikut ekskul hoki ini dari jaman SMA, udah tiga kali tim ini melalui KONI CUP ini udah tiga kali juga gue jadi pemain. Tapi di KONI CUP keempat ini beda, gue jadi pelatih AKA coach!  ini foto gue di koni cup: taon 2008, 2009, n 2010: Besok adalah hari penentuan itu, kejuaraan paling dnanti sepanjang waktu, yang bisa gue lakuin sebagai coach setidaknya memberi latihan terakhir di lapangan yang sama dengan yang akan digunakan esok. Kebetulan kejuaraannya di lapangan gool futsa(100 rb perjam, pelajar diskon 25 persen, tempatnya megah n nyaman.), jadi kita bisa nyewa juga. Latihan ini bertujuan biar mereka beradaptasi dengan suasana kejuaraan dan kondisi lapang. Walo pada prakteknya yang nglatih mas fajar, gue sih Cuma nampang n ngasi dukungan m